MASA PURNA TUGAS PENUH MAKNA

Masa lansia adalah masa yang kedatangannya tidak bisa ditolak. Akan tetapi hal yang pasti adanya ini terkadang tidak bisa diterima oleh setiap individu. Individu yang tidak bisa menerima masa tua memiliki berbagai  respon, misalnya melakukan operasi plastik agar tetap terlihat muda. Selain respon fisik muncul juga respon psikis yang nampak terhadap penolakan kedatangan masa tua, misalnya menjadi sakit-sakitan karena beban pikiran yang berlebih terhadap kondisi pensiun/purna tugas.

Melihat adanya kondisi tersebut, dosen Program Studi Bimbingan dan Konseling Unika Widya Mandala Madiun melakukan penelitian terhadap para kelompok Purna tugas di Madiun. Penelitian tersebut diberi judul Konseling Kelompok Realitas untuk Mereduksi Kecemasan pada Kelompok Purna Tugas. Suatu kebanggaan tersendiri bagi Program Studi Bimbingan dan Konseling Unika Widya Mandala Madiun karena penelitian ini mendapatkan dana dari Kemenristekdikti tahun 2018.

Proses konseling dibina oleh Ibu Chaterina Yeni Susilaningsih M.Pd., sebagai ketua peneliti dan Ibu Dwi Sri Rahayu, M.Pd., sebagai anggota peneliti. Sebanyak sepuluh peserta yang mengikuti konseling kelompok. Penelitian dilaksanakan dengan lancar dan mendapatkan apresiasi yang luar biasa positif dari bapak dan ibu lansia peserta konseling kelompok. Bagaimana menghadapi masa purna tugas dengan penuh makna, sewajarnya, sehat, dan ceria adalah konten dari acara ini. Melalui penelitian dalam Tri Dharma dosen Bimbingan dan Konseling UNIKA Widya Mandala Madiun semoga menjadi inspirasi bagi kita bersama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *